Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

26 February 2015

Lion Air, Mana yang Asli?

Share
Tweeps dalam penerbangan kalian pilih mana? Kena delay atau ngga pernah sampai (icon smile) selamat malam. Salam #LIONAIR

Cuitan tersebut di posting akun @OfficialLionAir Kamis, 26 February sekitar pukul 7 malam. Sontak bikin heboh.
Di beberapa grup Whatsapp beredar gambar capture dari akun twitter tersebut.
Capture yang beredar di grup Whatsapp

Postingan ingin menyindir maskapai lain, mungkin Airasia yang kehilangan pesawat QZ8501 atau maskapai lain macam Malaysia Airlines yang dua pesawatnya mengalami tragedi. Namun sindiran itu tentu sangat tidak lucu dan tidak beretika.

Lion Air baru-baru saja jadi sorotan karena kejadian delay yang keterlaluan dan penanganan penumpang yang amburadul.

Banyak yang membully postingan tersebut.

Namun tunggu sebentar....

Apa benar itu akun @OfficialLionAir adalah akun twitter resmi Lion Air?

Saya membuka website resmi Lion Air namun di situs tersebut tidak ada keterangan akun twitter resmi Lion Air.
Di bagian hubungi kami hanya tertera deretan nomer call center Lion Air. Tidak ada secuil informasi mengenai twitter Lion Air.

Akun @OfficialLionAir sekitar 2.524 follower dengan postingan 638 (ketika artikel ini ditulis). Akun @OfficialLionAir ini muncul sekitar November 2012 dan cukup aktif postingan atau menanggapi mention.

Saya menelusuri twitter ternyata menemukan paling tidak ada dua akun lain yang mengklaim sebagai akun resmi Lion Air yaitu akun @LionAirID dan @lionairgroup



Sebagai Akun yang ngaku Lion Air, @LionAirID punya follower terbanyak yaitu sekitar 53 ribu. Bahkan beberapa akun pesohor mengikuti antara lain @tonyfernades pemilik Airasia, @g_hanafiah surfer, traveller terkenal, @ alvinlie21, politikus yang sekarang jadi pengamat penerbangan mengikuti @LionAirID

Namun@LionAirID sudah lama tidak aktif. Posting terakhir 1 Oktober yang meretweet akun lain.
Masa siih Tony Fernades bos Air Asia atau Alvin Lie pengamat ulung salah follow akun?


Sedangkan akun @lionairgroup hanya punya 601 follower. Postingan terakhir 18 Februari mengucapkan Gong Xi Fat Cai.
12 Februari, akun @lionairgroup memposting foto-foto pesawat yang berada di hanggar Lion Air. Lokasi yang tentu tidak sembarang orang bisa masuk dan berada disitu.

Lalu mana akun Lion Air yang resmi? Ato ketiganya resmi? ato malah Lion Air secara resmi tidak punya akun twitter?

Hal ini mengindikasikan manajemen Lion Air tidak memperhatikan serius cara berkomunikasi dengan publik terutama di media sosial. Perusahaan sebesar Lion Air semestinya menangani media sosial dengan baik. Ada tim khusus yang handle media sosial baik twitter, facebook termasuk instagram.

Sangat berbeda bila dibanding dengan Air Asia yang punya akun resmi @AirAsia dengan follower 1.38 juta pengikut. Akun @AirAsia bahkan sudah diverifikasi oleh twitter


Maskapai Garuda Indonesia juga menggunakan media sosial Twitter dengan baik. Akun resmi @IndonesiaGaruda dengan 858 ribu pengikut sangat aktif dan responsif.


Ayooo dong Lion Air berbenah diri. Persaingan maskapai tidak hanya saja di langit namun juga di dunia maya, siapa yang bisa mengelola media sosial bisa jadi modal ampuh untuk bertahan dan maju.

Update

Lion Air membantah bahwa akun @OfficialLionAir merupakan akun resmi. Berikut beritanya

Menurut situs ROL Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, mengatakan, saat ini pihak Lion Air sedang melakukan penyelidikan mengenai akun @OfficialLionAir yang diketahui telah membuat kicauan sindiran terhadap maskapai lain.

“Sejauh ini setelah dicek dari humas, akun yang benar adalah akun@LionAirID,” jelasnya,

Bila Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait menyatakan akun resmi adalah @LionAirID maka penanganan media sosial sangat buruk. akun @LionAirID tidak dikelola dengan baik. Akibatnya Lion Air sendiri juga mengalami kerugian karena ada akun yang mengaku-aku lalu memposting hal yang buruk dan tidak beretika

0 komentar: