Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

25 February 2015

Tulisan Perjalanan

Share
Melihat statistik pengunjung di dashboard blogger, pembaca terbanyak di tulisan perjalanan atau cerita travelling.

Aku menulis kisah travelling ke Tana Toraja dan mengikuti keramaian upacara Rambu Tuka. Selama ini Tana Toraja terkenal dengan upacara Rambu Solok, upacara kematian. Sedangkan Rambu Tuka, upacara syukuran pun tak kalah eksotis. Dari sedikitnya artikel yang aku tulis di blog ini, travelling ke Tana Toraja paling banyak dibaca orang, tembus lebih dari seribu pembaca.

Cerita perjalanan selalu menarik. Aku sendiri kerap membaca blog tentang travelling. Membaca kisah-kisah daerah yang belum pernah aku kunjungi dan juga tertarik membaca kisah daerah yang pernah aku kunjungi. Aku ingin membandingkan, bagaimana sudut pandang orang lain dibandingkan aku terhadap daerah itu. Terkadang aku sombong, ooh dia cuman menulis kesan yang dangkal, aku lebih banyak kenal daerah itu, aku lebih merasakan kesan dalam daerah itu. Namun sayang aku tidak menuliskan.

Cerita perjalanan selalu menarik. Yuuuks mulai menulis perjalanan (lagi).

Cerita kedua yang banyak dibaca di blog mengenai kisah kehidupan seorang pelinting rokok. Manusia menjadi faktor utama cerita. Manusia selalu dan paling menarik diceritakan. Termasuk cerita perjalanan, paling menarik bila bercerita tentang manusia, manusia si pejalan (traveller) atau manusia di daerah itu.

Jika anda ingin bercerita, jangan lupakan manusia. Sebab anda manusia yang menulis untuk manusia.
Human interest.

0 komentar: